Senin, 13 Juni 2011

Masalah Pengangguran

Posted by IT INDONESIA On 06.46 No comments


Sumber foto : http://www.tempointeraktif.com/hg/bisnis/2011/06/12/brk,20110612-340154,id.html

Kemudahan berusaha bisa menjadi solusi mengatasi masalah pengangguran. Worldwide Managing Director McKinsey & Company, Dominic Barton, menyebutkan beberapa negara yang sudah menerapkan kemudahan berusaha, antara lain Cina dan Singapura.
Di Beijing, orang bisa memulai usaha dalam waktu 36 hari. Sementara, di Shanghai, waktu yang dibutuhkan adalah 35 hari. "Di Singapura, waktu untuk memulai usaha hanya enam hari," kata Dominic pada sesi "Managing Global Disruption: Asia's Risk Response Mechanisms" dalam rangkaian World Economic Forum di Jakarta, Ahad, 11 Juni 2011.
Pada sesi yang dipimpin Executive Chairman World Economic Forum, Klaus Schwab, itu pangan menjadi perhatian utama berbagai negara. Indonesia menganggap isu utama yang menjadi tantangan untuk dihadapi adalah masalah pangan.

Sementara, perwakilan perusahaan Amerika Serikat tersebut menganggap masalah pengangguran menjadi tantangan yang lebih serius. Barton menggambarkan kondisi dunia tenaga kerja yang terjadi saat ini. "Di satu sisi ada pengangguran. Tapi, pada saat yang sama ada keterampilan yang dimiliki seseorang yang tidak pada tempatnya," katanya.

Presiden United Way Worldwide, Brian A. Gallagher, mengatakan untuk mengatasi pengangguran jangka panjang diperlukan pembangunan sumber daya alam yang baik. Maka, perlu kemudahan akses bisnis untuk para pemuda.

Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu melihat saat ini teknologi berkembang pesat. Terbukti dari banyaknya kemudahan akses internet di masyarakat dan adanya fasilitas semacam mobile banking.


Dengan kondisi tersebut, tentu semakin mudah menyerap tenaga kerja dari pengangguran yang muda yang lebih berpendidikan. Setelah akses memulai berusaha dipermudah, kemudian baru dipikirkan cara masuk kepada akses pembiayaan dan pengembangan kapasitas.
EKA UTAMI APRILIA

Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/bisnis/2011/06/12/brk,20110612-340154,id.html

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...